Jumat, 14 Desember 2012

Aplikasi Siklus Produksi Dan Keuangan ...



BABA 6..
Aplikasi Siklus Produksi Dan Keuangan
 Aplikasi-Aplikasi Siklus Produksi
Siklus Produksi adalah rangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan pembuatan produk.
Ada empat aktivitas dasar dalam siklus produksi :
-          Perancangan Produk
Langkah pertama dalam siklus produksi adalah Perancangan produk.
Tujuan aktivitas ini adalah untuk merancang sebuah produk yang memenugi permintaan dalam hal kualitas, ketahanan, dan fungsi, dan secara simultan meminimalkan biaya produksi.
-          Perencanaan dan Penjadwalan



Langkah kedua dalam siklus produksi adalah perencanaan dan penjadwalan.
Tujuan dari langkah ini adalah mengembangkan rencana produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek tanpa menimbulkan kelebihan persediaan barang jadi.
-          Operasi Produksi
Langkah ketiga dalam siklus produksi adalah produksi aktual dari produk.
Cara aktivitas ini dicapai sangat berbeda di berbagai perusahaan.
-          Akuntansi Biaya
Langkah terakhir dalam siklus produksi adalah akuntansi biaya.
 Untuk memberikan informasi untuk perencanaan, pengendalian, dan penilaian kinerja dari operasi produksi
  • Memberikan data biaya yang akurat mengenai produk untuk digunakan dalam menetapkan harga serta keputusan bauran produk.
  • Mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan  untuk menghitung persediaan serta nilai harga pokok penjualan yang muncul di laporan keuangan perusahaan.
Aplikasi-Aplikasi Siklus Keuangan/ Penggajian 
Bila diterapkan pada aplikasi MYOB Accounting ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil seperti diatas. Langkah ini merupakan langkah dasar pada penggunaan aplikasi MYOB Accounting
1. Pengertian MYOB Accounting
Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 13 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, laba rugi dan sebagainya.
2.  Membuat Data Perusahaan pada MYOB
·         Langkah – langkah yang harus dilakukan :
·         Klik tombol start
2. Pilih all program> MYOB Accounting v13> MYOB Accounting v13
3. Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses
a. Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
·         b. Create, untuk membuat data perusahaan baru
·         c. Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
·         d. What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang      berisi berita terbaru dalam versi 12 ini
·         e. Exit, untuk mengakhiri program MYOB
·         4. Klik tombol create new company file, klik next
·         5. Klik company information lalu masukkan data perusahaan. Setelah itu klik next
·         6. Lalu masukkan periode akuntansi, dan klik next bila sudah selesai
·         7. Klik tombol save. Klik next
·         8. Selanjutnya akan tampil informasi proses telah selesai
Sumber :
www.google.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar