Sabtu, 04 Desember 2010

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Tumbuhnya kendaraan bermotor yang tak terkendali, seakan menjadi masalah baru bagi kualitas udara kita. Udara yang bersih dan nyaman seakan sulit didapatkan, khususnya di kota-kota besar. Apalagi mayoritas kenadaraan bermotor, masih menggunakan bahan bakar fosil seperti premium, solar maupun pertamax yang menghasilkan gas buang dan memperkeruh pencemaran lingkungan di kota metropolitan.
Baik atau tidaknya kualitas udara, akan berpengaruh pada kesehatan manusia. Masih kurangnya perhatian dari berbagai pihak tentang perbaikan kondisi udara perlu dikritisi dan diberi solusi alternatif.
Demikian pula dengan tanah dan air. Sampah yang menggunung, menjadi masalah perkotaan yang sepertinya tidak akan pernah berakhir. Bahkan sampah di perkotaan telah mengakibatkan banjir dan munculnya berbagai penyakit akibat buruknya sanitasi dan drainase. Sungai-sungai di kota besar tak lagi jernih untuk dilihat, cenderung berwarna gelap dan berbau.
Problem pencemaran lingkungan yang tersebut berawal dari aktivitas manusia dan sejatinya kondisi lingkungan juga bisa diperbaiki dengan aktivitas manusia pula. Sebenarnya, kita mampu melakukan urun rembug untuk sosialisasi lingkungan bersih. Kita bisa menyebarkan kritik dan solusi melalui dunia maya yang bisa diakses oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia.
Salah satu bentuk kritik tersebut, bisa dengan cara pembuatan kliping pencemaran lingkungan untuk menggugah rasa simpati dan empati menjaga kelestarian lingkungan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar